GAYA DADA / KATAK

Renang Gaya Dada / Gaya katak (Chest Stroke)

 

Merupakan gaya yang paling pertama di ajarka di Butterfly Swimming Course dan paling cepat untuk dipelajari.

Tapi dalam segi kecepatan, gaya ini merupakan gaya yang paling lambat.

STEP AWAL PEMBELAJARAN GAYA DADA DI B UTTERFLY SWIMMING COURSE

 

Gerakan kaki

1. Kaki ditekuk (dengkul dibengkokkan / ditekuk) {jongko}

2. Kemudian tendangkan / luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka lebar (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan)

3. Masih dalam posisi kaki lurus, kemudian kaki dirapatkan / tutup rapat (sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan .. ini akan menambah daya dorong)

Ulangi langkah 1 – 3 pada

 

Jadi urutan gerakan kaki gaya dada ini:

1) Jongkok, buka lebar, tutup rapat,

2) jongkok, buka lebar, tutup rapat,

dan berikutnya.

 

Gerakan cara bernafas gaya dada

1. Memasukan kepala kedalam air dengan sebelumnya menghirup udara segar lalu di buang lewat mulut dalam air (tiup)

2. Posisi tangan didepan dan melakukan gerakan kaki saat kepala masuk ke dalam air (tiup buang nafas) sambil melakukan gerakan kaki

3. Saat kaki tutu rapat angkat kepala untuk menarik nafas.

4. Biarkan tubuh mengambang di atas air saat melakukan tiup dan gerakan kaki.

 

 Gerakan tangan

1. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu & menempel)

2. Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan tepuk di dada untuk menemukan ke 2 tangan lalu tusuk kedepan lurus)

3. Luruskan tangan kembali.

Ulangi langkah 1 – 3 pada

 

Jadi urutan gerakan tangan gaya dada ini:

1) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,

2) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,

dan berikutnya.

 

 

 Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas

- Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian.

- Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas

 

 Tips:

1) Ketika mulai belajar tangan berpegangan pada pinggir kolam, kemudian gerakkan kaki seperti pada. Lakukan sampai lancar

2) Kemudian tangan Anda dibantu dahulu oleh papan luncur, sehingga Anda bisa menyeberangi kolam dengan menggerakkan kaki dan tangan tetap memgang papan luncur tersebut. Untuk anak-anak, orang tua / pelatih renang BUTTERFLY SWIMMING COURSESELALU MELAKUKAN tahapan ini.

Kaki seringkali tidak mengapung di permukaan air, melainkan terlalu ke bawah .. hal ini dikarenakan kepala tidak masuk ke dalam air.

Oleh karena itu saat berlatih kaki ini sekaligus dijadikan sebagai sarana untuk berlatih gerakan kepala untuk mengambil nafas nantinya. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan kepala ke dalam air selama belajar gerakan kaki dan menaikkan kepala hanya bila mau mengambil nafas.

3) Setelah lancar, maka sekarang kita agak ke tengah kolam. Kemudian kita mengapungkan badan (seperti posisi meluncur) dan gerakkan kaki gaya dada seperti di atas sampai ke pinggir kolam. Lakukan sampai lancar

4) Setelah itu sekarang mulai belajar menggerakkan tangan. Lakukan 1 atau 2 kali gerakan kaki, kemudian baru gerakkan tangan gaya dada seperti di atas. Begitu seterusnya, lakukan sampai lancar.

5) Setelah cukup lancar, maka mulailah belajar mengambil nafas. Ketika tangan bergerak ke samping, maka naikkan kepala sedikit ke atas permukaan air dan langsung ambil nafas.Lakukan sampai lancar

6) Kemudian berlatihlah lebih ke tengah dan berenang untuk mencapai pinggir kolam. Lakukan terus sampai bisa selebar kolam renang.

Setelah lancar, mulailah perbaiki gaya renang gaya dada Anda. Gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki, 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas.

Gerakan tangan haruslebar, (hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas

About these ads